Cara perawatan Oven Gas Hayashi


Dengan berjalannya waktu mesin oven gas lama kelamaan akan mengalami pengaratan di bagian dalam ruang oven termasuk besi rak. Kenapa hanya dalam?, karena oven merk hayashi lapisan luar menggunakan lapisan galvalum dan stainless yang jelas jelan anti karat. Untuk perawatan luar sangatlah gampang. Cukup dibersihkan dengan kain bersih atau bisa menggunakan kanebo. Untuk pengunci pintu apabila sudah seret, bisa menggunakan pelumas rante sepeda motor yang banyak dijual di bengkel bengkel motor.

Untuk pembersihan rak bagian dalam yang sudah mengalami pengaratan apabila oven jarang digunakan, lakukan dengan memberi olesan minyak goreng pada rak atau bisa juga dengan olesan margarin kemudian bisa di lap dengan kain. Tapi jangan sekali kali melakukan pembersihan dengan mengecat ulang rak oven. Dikhawatirkan zat kimia dalam cat akan mempengaruhi olahan kue bagi kesehatan.

Dinding plat dalam oven pun juga tak boleh luput dari perawatan. Hal tersebut dikarenakan ada bercak sisa adonan yang jatuh dan akirnya gosong dan mengerak keras. Kita bisa melakukan pembersihan dengan 2 cara, antara lain :
  1. Menggunakan sodium (natrium) bikarbonat atau soda kue. Caranya campurkan soda kue dengan air kemudian oles oles kan pada dinding dasar oven yang kotor sambil digosok gosok. Untuk lebih memudahkan lagi dalam pembersihan dinding dasar oven, sebelum dibersihkan sebisa mungkin oven dinyalakan dengan suhu sekitar 30 derajat celcius saja jangan terlalu panas
  2. Bisa menggunakan garam untuk menghilangkan lemak dan noda minyak yang menempel pada dinding oven. Caranya, taburkan garan pada dinding dalam oven ketika oven gas masih dalam kondisi panas. Setelah oven dingin, bersihkan dengan sikat pada bekas noda lemak. Kemudian bersihkan dengan lap bersih sedikit basah kemudian keringkan. Untuk menghilangkan bau yang menyengat, anda bisa mencampurkan serbuk kayu manis pada garam yang akan ditaburkan.
Selain body luar dan bagian dalam, yang perlu dibersihkan juga adalah kaca kaca pada oven dari debu yang menempel. Bersihkan semua dari debu sebelum melakukan pemanggangan kue agar hasil kue lebih maksimal dan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar